Kamis, 08 November 2012

RESUME JURNAL KELOMPOK 11

RESUME JURNAL TEKNOLOGI INFORMATIKA
OLEH : NURJANA SIGIRO         (21070112120022)
              RAYA ESY PANTIARTI (21070112140076)
              BIMO SATRIYO               (21070112140117)

OPTIMALISASI MAKROMEDIA FLASH UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER FPMIPA UPI
Media pembelajaran adalah semua alat yang digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar yang tujuannya untuk menyampaikan materi atau informasi kepada mahasiswa.Media yang digunakan diharapkan dapat memberikan informasi dengan baik agar mahasiswa dapat menerima informasi dengan baik dan tepat.Media pembelajaran yang kini semakin semarak adalah media komputer karena komputer dapat mengolah informasi dengan cepat dan tepat.Media pendidikan yang sekarang kini semakin canggih dapat meningkatkan efisiensidan kreatifitas para mahasiswa.Belajar dengan menggunakan media komputer sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam pembelajaran.Banyak sekali keuntungan dari penggunaan komputer sebagai media pembelajaran misalnya software komputer dapat menjalankan suatu perintah dengan cepat dan teliti.Dengan media komputer dapat juga memacu cara pikir mahasiswa untuk lebih cepat.Makromedia flash adalah software yang mampu menampilkan multimedia,menggabungkan unsur teks,grafik,animasi serta suara.Saat ini Makromedia flash telah menjadi sarana web yang menarik dan interaktif.Makromedia flash atau flash MX merupakan software yang kini diimplementasikan pada mata kuliah jaringan komputer FPMIPA UPI angkatan  2005.                              Kini komputer menjadi media yang sangat penting bagi dunia pendidikan,karena kemampuannya dalam mengolah data atau informasi.Informasi atau pesan yang disampaikan melalui teks,gambar,animasi atau suara pasti akan lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.Salah satu keunggulan komputer adalah kemampuannya menyampaikan informasi dalam bentuk gerak,visual dan gambar.Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dapat juga meningkatkan rasa penasaran,sehingga dari dalam diri mahasiswa timbul keinginan untuk berlatih dan mencoba sendiri mengunakan komputer sehingga dengan penerapan teknologi komputer mendorong proses pembelajaran .Komputer dapat juga menurunkan tingkat kebosanan mahasiswa karena keunggulan komputer yang mampu menampilkan benda-benda tak hidup menjadi bergerak.Dari banyaknya keuntungan komputer maka tidak lepas dari masalah bagaimana desain software pembelajaran yang optimal agar mahasiswa dapat dengan mudah memahami pesan atau informasi yang disampaikan.                                 Disamping banyaknya keunggulan-keunggulan komputer dalam media pembelajaran seperti yang disebutkan diatas komputer juga mempunyai kelemahan antara lain adalah  komputer tidak dapat mengganti peran guru dalam pembelajaran terutama bagi mahasiswa yang daya tangkapnya kurang atau rendah padahal disinilah seharusnya peran guru sangat penting,komputer tidak mampu menjangkau pembelajaran dari segi moral atau afektif sehingga komputer hanya sebagai sarana pembantu dosen atau pendidik.Sehingga dari kelemahan-kelemahan komputer ini maka dibutuhkan software yang mampu menggabungkan unsur teks,animasi,visual dan lain sebagainya yang dapat mendukung dalam pembelajaran.                                             Maka dalam jurnal ini yang ingin diteliti adalah apa dan bagaimana software pembelajaran yang optimal dan mampu mendukung proses pembelajaran dan software yang akan diimplementasikan tersebut adalah software Makromedia flash.Software ini diharapkan mampu mendukung kegiatan proses pembelajaran dan menjadi sarana media yang interaktif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar