RESUME
JURNAL TEKNOLOGI INFORMATIKA
OLEH
: NURJANA SIGIRO (21070112120022)
RAYA ESY PANTIARTI
(21070112140076)
BIMO SATRIYO (21070112140117)
OPTIMALISASI
MAKROMEDIA FLASH UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA PROGRAM
STUDI ILMU KOMPUTER FPMIPA UPI
Media pembelajaran
adalah semua alat yang digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar yang
tujuannya untuk menyampaikan materi atau informasi kepada mahasiswa.Media yang
digunakan diharapkan dapat memberikan informasi dengan baik agar mahasiswa
dapat menerima informasi dengan baik dan tepat.Media pembelajaran yang kini
semakin semarak adalah media komputer karena komputer dapat mengolah informasi
dengan cepat dan tepat.Media pendidikan yang sekarang kini semakin canggih
dapat meningkatkan efisiensidan kreatifitas para mahasiswa.Belajar dengan
menggunakan media komputer sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai
persoalan dalam pembelajaran.Banyak sekali keuntungan dari penggunaan komputer
sebagai media pembelajaran misalnya software komputer dapat menjalankan suatu
perintah dengan cepat dan teliti.Dengan media komputer dapat juga memacu cara
pikir mahasiswa untuk lebih cepat.Makromedia flash adalah software yang mampu
menampilkan multimedia,menggabungkan unsur teks,grafik,animasi serta suara.Saat
ini Makromedia flash telah menjadi sarana web yang menarik dan interaktif.Makromedia
flash atau flash MX merupakan software yang kini diimplementasikan pada mata
kuliah jaringan komputer FPMIPA UPI angkatan
2005. Kini
komputer menjadi media yang sangat penting bagi dunia pendidikan,karena
kemampuannya dalam mengolah data atau informasi.Informasi atau pesan yang
disampaikan melalui teks,gambar,animasi atau suara pasti akan lebih mudah untuk
dipahami dan dimengerti.Salah satu keunggulan komputer adalah kemampuannya
menyampaikan informasi dalam bentuk gerak,visual dan gambar.Penggunaan komputer
sebagai media pembelajaran dapat juga meningkatkan rasa penasaran,sehingga dari
dalam diri mahasiswa timbul keinginan untuk berlatih dan mencoba sendiri
mengunakan komputer sehingga dengan penerapan teknologi komputer mendorong
proses pembelajaran .Komputer dapat juga menurunkan tingkat kebosanan mahasiswa
karena keunggulan komputer yang mampu menampilkan benda-benda tak hidup menjadi
bergerak.Dari banyaknya keuntungan komputer maka tidak lepas dari masalah
bagaimana desain software pembelajaran yang optimal agar mahasiswa dapat dengan
mudah memahami pesan atau informasi yang disampaikan. Disamping banyaknya
keunggulan-keunggulan komputer dalam media pembelajaran seperti yang disebutkan
diatas komputer juga mempunyai kelemahan antara lain adalah komputer tidak dapat mengganti peran guru
dalam pembelajaran terutama bagi mahasiswa yang daya tangkapnya kurang atau
rendah padahal disinilah seharusnya peran guru sangat penting,komputer tidak
mampu menjangkau pembelajaran dari segi moral atau afektif sehingga komputer
hanya sebagai sarana pembantu dosen atau pendidik.Sehingga dari
kelemahan-kelemahan komputer ini maka dibutuhkan software yang mampu
menggabungkan unsur teks,animasi,visual dan lain sebagainya yang dapat
mendukung dalam pembelajaran. Maka dalam
jurnal ini yang ingin diteliti adalah apa dan bagaimana software pembelajaran
yang optimal dan mampu mendukung proses pembelajaran dan software yang akan
diimplementasikan tersebut adalah software Makromedia flash.Software ini
diharapkan mampu mendukung kegiatan proses pembelajaran dan menjadi sarana
media yang interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar