MODUL 1
1.
Yang
dimaksud dengan Visual Basic 2010 adalah sebuah bahasa
pemrograman yang menawarkan integrated development environmen (IDE) visual
untuk membuat program lunak berbasis sistem operasi microsoft windows dengan
menggunakan model pemrograman (COM)
2.
Penemu
visual basic awalnya yaitu prof. John G Kemeny dan
Thomas Eugene Kurzt pada tanggal 1 Mei 1964 kemudian penemuan tersebut
dilanjutkan oleh paul allen dan bill gates yang mengembangkan basic tersebut
dengan mendirikan microsoft, inilah cikal bakal basic
3.
Sejarah
visual basic hingga 2012 dilihat dari perkembangan versinya adalah
1. VB
1.0 = rilis 1991
2. VB
2.0 = rilis 1992
3. VB
3.0 = rilis 1993
4. VB
4.0 = rilis 1996
5. VB
5.0 = rilis 1997
6. VB
0.6 = rilis 1998
7. VB
0.7 = rilis 2003
8. VB
0.8 = rilis 2005
9. VB
0.9 = rilis 2008
10. VB
10 = rilis 2010
4.
Macam-macam
bahasa pemrograman adalah
1. Delphi
(merupakan sarana pemrograman aplikasi visual)
·
Kelebihan :
a. Sifatnya
freeware
b. Dokumentasi
lengkap
c. Dikembangkan
dengan bahasa pascal, sehingga pengguna yang terbiasa dengan turbo pascal akan
lebih mudah
·
Kekurangan :
a. Pengguna
yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa pascal akan mengalami
kesulitan untuk pertama kalinya
b. Setiap
komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikut sertakan kode
dklarasinya dalam list code sehingga jika terjadi kesalahan penulisan kode,
program tidak akan membetulkan secara otomatis
2. Bahasa
C (dikembangkan oleh martin richard pada tahun 1967)
·
Kelebihan :
a. Bahasa
C hampir tersedia di semua jenis kompute
b. Bahasa
C hanya menggunakan sedikit kata-kata sandi
c. Mempunyai
struktur bahasa yang baik sehingga mydah dipahami
·
Kekurangan :
a. Banyak
operator penulisan kadang-kadang
membingungkan pemakai
b. Bagi
pemla umumnya akan kesulitan mengunakan pointer
3. Visual
basic ( sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan IDE visual untuk membuat
program lunak berbasis sistem operasi microsoft windows
·
Kelebihan :
a. Bahasa
yang sederhana
b. Kita
dapat mendapatkan banyak tools baik gratis maupun tidak yang akan membantu
dalam proses pemrograman
c. Karna
sangat populer maka banyak sumber untuk belajar visual basic
·
Kekurangan :
a. Visual
basic lambat dibanding bahasa pemrograman yang lain
b. Tidak
terlalu bagus untuk membuat game yang benar-benar memuaskan
4. Pascal
( merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan tersrtuktur)
·
Kelebihan :
a. Tipe
data standard ( boolean, integer, real, char, string)
b. Terstruktur
c. Sederhana
sehingga udah dipelajari
·
Kekurangan
a. Tidak
fleksibel penggunaanya
5. Pemrograman
ruby ( merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek)
·
Kelebihan :
a. Sintaks
sederhana
b. Bahasa
pemrograman berorientasi objek
c. Siapa
saja yang menggunakan dapat ikut mengembangkannya
·
Kekurangan :
a. Tidak
terlalu terkenal sehingga sulit untuk
mencari referensi pembelajaran
5.
Macam-macam
flowchat adalah
·
System flowchart : urutan proses dalam
sistem yang menunjukkan alat media input output serta jenis media
penyeimbangan dalam proses pengolahan
data
·
Program flowchart : urutan instruksi
yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk memecah masalah suatu program
6.
Komponen
dalam tools box adalah
·
picture box : menampilkan gambar
·
label : menampilkan keterangan teks
·
text box : teks masukan
·
frame : membuat kotak frame
·
command button : tombol perintah
·
check box : untuk membuat pilihan yang
boleh leboih dari satu
·
option button : untuk membuat pilihan
yang hanya boleh satu pilihan
·
combo box : kotak kombo pilihan untuk
daftar suatu field
·
list box : otak list pilihan untuk
daftar suatu field
·
hscrollbar : untuk nilai otomatis
numerik dengan menekan kanan kiri
·
vscrollbar : untuk nilai otomatis
numerik dengan menekan kanan kiri
·
file list box : menampilkan file dan
list box
·
timer : pengaturan waktu menyangkut
kondisi proses
·
OLE : menghubungkan form dari software
lain
.
7.
Tipe-tipe
data adalah
·
Tipe data sederhana :
- Chart/Varchar : Penghimpun data yang berupa
aalfabetic misalnya seperti : nama
- Numeric : Penghimpunan data berupa bilangan real
misalnya 2,35
- Integer : Penghimpunan data berupa angka misalnya
nomor KTP, NIP
- Date : Penghimpunan data berupa tanggal, bulan
& tahun misalnya tanggal lahir
- Desimal : Penghimpunan data berupa pecahan seperti
1,11
- Text : Penghimpunan data berupa semua tipe data
seperti huruf, symbol baca
·
Tipe data tersrtuktur :
- Record : Himpunan data yang terdiri dari beberapa
karakter yang berbeda – beda.
- Set : Tipe data yang memuat sejumlah elemen
dengan tipe data dasar sama.
- Array : Tipe yang berisi beberapa data yang
ditampung dalam variabel dengan tipe data yang sama.
·
Tipe pointer
Merupakan petunjuk
yang berisi alamat memori dimana data disimpan
8. Algoritma adalah merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga
akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap
masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan
algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang
memenuhi kriteria, Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan.
9.
Yang
dimaksut dengan IDE (Integrated
Developement Environment) merupakan sebuah “layanan satu pintu” yang bisa
digunakan oleh programmer untuk melakukan, desain, coding, debugging, dan
kompilasi program dalam sebuah tool yang terintegrasi
·
Macam-macam
jenisnya adalah :
- Menu bar : dipakai dalam memilih tugas-tugas tertentu seperti
membuka project, yang terdiri dari menu file, edit, view.
- Main
toolbar : shortcut untuk menu yang sering dipakai pada menu bar.
- Project : window berisi struktur tree dari project yang lagi dikerjakan.
- Form designer : window untuk merancang user interface dari
aplikasi.
- Toolbox : window yang berisi komponen-komponen yang digunakan
untuk memperkaya user interface.
- Code : untuk
menuliskan source code dari program.
- Properties : untuk melihat / mengedit sifat dari object yang
sedang dipilih.
- Color palette : untuk mengubah warna dari suatu object.
- Form layout : menunjukan tampilan form bersangkutan disaat
runtime.
10. Yang dimaksud dengan flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol
grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan
langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan
menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram
ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah
yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut
·
Macam-macam flowchart adalah :
a.
System flowchart : urutan proses
dalam sistem yang menunjukkan alat media input output serta jenis media
penyeimbangan dalam proses pengolahan
data
b.
Program flowchart : urutan
instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk memecah masalah suatu
program
11. Buatlah Interface dan Algoritma
Program kata Hello word dan Program Konversi suhu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar